Berita

5 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menjual Mobil

01 Feb 2018

Memiliki mobil yang sudah “berusia” terkadang membuat para pemilik ingin menjualnya. Apalagi dengan kemunculan-kemunculan seri terbaru dari berbagai macam produsen mobil tentunya membuat kita ingin mengupgrade mobil yang sudah kita punya, bukan? Nah, jika kamu ingin menjual mobil bekas tentu tidak bisa asal-asalan, berikut tips yang harus diperhatikan dalam menjual mobil bekas :

1. Cek Mobil Secara Keseluruhan

Sebelum kamu mulai menjual mobil kepada orang lain, sangatlah krusial melakukan pengecekan fungsi-fungsi yang dimiliki mobil. Mulailah dari mesin mobil, AC, steering, dekorasi internal mobil, jendela dan pintu, lampu-lampu, rem dan hal-hal kecil lainnya. Apabila kondisi keseluruhan mobil kamu bagus, tentu mobil kamu akan laku lebih cepat dan terjual lebih mahal.

 

2. Jagalah Kebersihan Mobil

Langkah penting selanjutnya adalah membersihkan mobil. Kebersihan mobil menandakan bahwa kamu peduli dan mobil kamu dalam keadaan yang terawat. Menjaga kebersihan mobil berarti menghindari mobil kamu dari aroma yang dapat mengganggu calon pembeli. Saat mobil kamu bersih, warna mobil juga akan terlihat lebih bersinar yang tentu akan menarik perhatian calon pembeli.

 

3. Berjualan Secara Jujur dan menarik

Dalam hal berjualan, kejujuran menjadi sangat penting untuk dilakukan. Berjualan secara jujur akan terlihat dari pelayanan yang diberikan terhadap para calon pembeli.Berjualan dengan cara yang jujur berarti memberikan pelayanan yang baik, senyum sapa adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Jawab segala pertanyaan calon pembeli dengan baik dan ramah. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk kamu, karena kebanyakan orang cenderung lebih mudah mengingat hal positif dan memberi apresiasi lebih.

 

4. Cek Harga Pasaran

Lakukan pengecekan ke lebih dari 3 tempat. Jika harga yang ditawarkan oleh para penjual lain tidak terlalu berbeda, maka gunakan harga rata-rata dari seluruh harga pasaran yang telah anda cek sebelumnya. Fungsi pengecekan ini sebenarnya adalah untuk memberi anda standar harga yang bisa anda pakai dalam menjual mobil anda. Jangan lupa bahwa semua calon pembeli anda pun sudah sudah melakukan cek harga di tempat lain. Jadi, juallah mobil anda dengan harga yang tentu saja masuk akal.

 

5. Tentukan Target Penjualan

Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk tempat jual mobil kamu. Yaitu menjualnya melalu pihak ketiga ataupun menjualnya secara langsung kepada calon pembeli.

 

Berikut hal yang harus kamu perhatikan ketika akan menjual mobil melalui pihak ketiga.

Penjualan melalui pihak ketiga

Pihak ketiga pasti akan mengambil untung ketika melakukan penjualan. Berarti kamu harus siap menerima harga jual mobil yang lebih rendah daripada yang kamu inginkan.

Ada baiknya kamu sebagai pemilik mobil bekas melakukan negosiasi sejak dari awal, karena persetujuan ini akan menentukan harga yang anda dapat dari hasil penjualan mobil kamu. Keuntungan dari penggunaan jasa ketiga ini adalah mobil kamu akan diiklankan oleh pihak ketiga dan mendapat kesempatan lebih besar untuk laku dibanding ketika kamu melakukannya sendiri.

Penjualan secara langsung kepada calon pembeli

Menjual kepada calon pembeli secara langsung berarti melakukan semuanya sendiri. Jika ini yang kamu inginkan maka lakukan sedikit publikasi dari awal. Bisa melalui memasang iklan di sosial media atau bisa juga pasang iklan di Mobilipo yang tentu target audiensnya lebih sesuai dalam jual beli mobil. Selain gratis, kamu berkesempatan bertemu dengan banyak calon pembeli.

 

Nah sekarang kamu sudah siap untuk menjual mobil kamu. Semoga berhasil ya, jangan lupa share juga ke teman kamu!

Tentang Penulis

Mobilipo