08 Aug 2018 | Berita 4/5

Tak Usah Galau, Simak 6 Cara Ini Beli Mobil Ex Taxi Buat Kamu yang Budgetnya Minim

Beberapa orang memang biasanya berpikir berulang kali bila akan membeli sebuah mobil bekas, apalgi bila mobil bekas itu merupakan mobil bekas armada taksi. Kebimbangan banyak orang bila membeli mobil bekas armada taksi rupanya cukup beralasan, yakni dikarenakan mobil bekas taksi memang biasanya memiliki jarak tempuh di speedo meter yang cukup tinggi.

Meski begitu, tak ada salahnya bila memang butuh untuk membeli sebuah mobil dengan membeli mobil bekas taksi, asalkan kamu memahami 6 cara ini agar mendapatkan mobil bekas taksi yang tetap berkualitas. Berikut ulasan selengkapnya.

 

 1. Mengunjungi pool taksi yang menampung lebih dari 1000 armada mobil

keepo.me

 

Hal pertama yang harus kamu ketahui dan pahami saat akan membeli mobil bekas taksi yaitu sudah seharusnya kamu mendatangi pool taksi yang menampung jumlah lebih dari 1000 mobil bekas taksi. Selain karena variasi jumlahnya yang banyak, dengan mengunjungi pool taksi seperti ini kemungkinan untukmu mendapatkan harga miring pun lebih besar.

Baca juga :   4 Mobil Biasa Ini Ternyata Bisa Dimodifikasi Jadi Foodtruck

 

 2. Mengajak montir atau kerabat yang lebih paham soal otomotif

keepo.me

 

Tidak semua orang mengetahui atau bahkan paham secara mendalam mengenai seluk beluk otomotif. Jadi, dengan mengajak montir terpercaya di bengkel langgananmu ataupun kerabat yang lebih mengerti tentang dunia otomotif jelas akan membantumu agar dapat memilih mobil bekas taksi dengan kualitas paling prima.

 

 3. Harus teliti saat mengecek kondisi mobil secara keseluruhan

keepo.me

 

Hal selanjutnya yang harus kamu pahami agar tak buntung saat membeli mobil bekas taksi, alangkah lebih baik jika kamu melirik mobil bekas taksi dari salah satu armada taksi ternama seperti Blue Bird. Hal ini dikarenakan mayoritas mobil peremajaan Blue Bird memiliki kondisi mesin yang prima, tetap pengecualian dengan kondisi fisik (eksteror dan interior) yang relatif tidak semua sama.

Cobalah membuka kap mesin, mengetuk seluruh panel body karena hal demikian bisa mendeteksi secara visual maupun non visual bagian mana saa yang pernah penyok, tabrakan ringan, ataupun tabrakan berat.

Baca juga :   Simak Cara Simpel Ini Biar Tahu Mobil Bekas yang Pernah Terendam Banjir, Biar Ga Salah Beli

 

 4. Wajib hukumnya lihat jumlah tempuh perjalanan pada spidometer

keepo.me

 

Mungkin hal ini bisa terbilang spele, namun buat kamu yang sangat ingin memiliki mobil, kamu wajib untuk mengecek spidometer. Jam terbang normal untuk mobil bekas taksi adalah sekitar 300ribu KM atau kurang, dan semakin sedikit jumlah kilometernya, maka akan semakin baik pula kualitas mobilnya. Sebagai catatan, usahakan hindari membeli mobil bekas taksi yang bertugas jadi taksi bandara. Sebab, unit ini punya kilometer tempuh lebih tinggi dibanding yang lain.

 

 5. Cobalah meminta garansi

keepo.me

 

Pembelian mobil bekas taksi belum tentu dapat garansi, tapi Anda bisa meminta kepada penjual jaminan kondisi dalam jangka waktu tertentu.

 

 6. Lakukan test-drive

keepo.me

 

Test drive wajib dilakukan untuk mengetahui rasa pemakaian sekaligus mendeteksi kondisi aneh termasuk pada kopling, rem, serta operasional mekanis, seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol, dan gerak roda.

 

Sumber