28 Aug 2018 | Berita 4/5

Pemerintah KorSel Larang Pemakaian Mobil BMW Di Jalanan, Kenapa?

Publik Korea Selatan baru-baru diramaikan dengan keluarnya sebuah pengumuman dari pemerintah Korea Selatan yang melarang warganya untuk tidak lagi mengendarai mobil BMW, bagi siapapun yang memilikinya.

Pengumuman tersebut terpaksa dikeluarkan pemerintah Korea Selatan karena adanya laporan mengenai 39 mobil BMW yang terbakar sepanjang tahun 2018 di Korsel. Pabrikan mobile lit asal Jerman itu juga mengakui bahwa terdapat beberapa model BMW yang mengalami cacat produksi di sistem pembuangan atau knalpot mobil.

 

https://cdn.idntimes.com

 

Pada awal bulan juli 2018 lalu, BMW Korsel bahkan telah melakukan penarikan terhadap 100 ribu mobil yang terindentifikasi mengalami masalah terkait cacat produksi tersebut. Pemerintah Korsel pun mengadakan inspeksi darurat untuk mencegah bertambahnya kasus terbakarnya mobil BMW, dan juga membentuk tim untuk menyelidiki penyebab mobil terbakar.

Baca juga :   Perkenalkan, The Beastnya Donald Trumph dan 5 Fakta Mengejutkan yang Membuatnya Jadi Mobil Presiden Paling Aman

Bahkan, tidak hanya di Korea Selatan, rupanya masalah yang sama juga melebar sampai ke benua Eropa. Berdasarkan data terakhir yang dimiliki BMW Korsel, sedikitnya terdapat 27 ribu lebih mobil BMW yang belum menjalani pemeriksaan di bengkel resmi terkait adanya cacat produksi pada sistem pembuangan bahan bakar mobil premium tersebut.

 

 

https://cdn.idntimes.com

 

“Warga kami sangat khawatir. Kami memerintahkan pemerintah setempat untuk melarang orang mengendarai salah satu dari model BMW yang berpotensi terbakar dan belum melakukan pemeriksaan,” ujar Menteri Transportasi Korsel Kim Hyun-mee.

BMW Korea Selatan juga berharap bagi siapapun warga yang sudah menerima pemberitahuan penarikan kembali (recall), agar langsung membawa mobil milik mereka untuk dilakukan pemeriksaan mendalam. Selebihnya, warga hanya diizinkan mengendarai mobil BMW di jalan raya bila hendak melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi saja.

Baca juga :   Korea Selatan Siap Wujudkan Kota Istimewa Untuk Test-Drive Mobil Berteknologi Otonom

 

https://cdn.idntimes.com

 

Ia menambahkan, apabila ada warga menentang larangan tersebut dan tetap mengendarai mobil BMW, andai di tengah perjalanan mobil terbakar maka pemiliknya akan berurusan dengan polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Menyikapi masalah tersebut, bos BMW Korea Selatan pun mengadakan konferensi pers pekan lalu. Pada kesempatan itu ia sempat membungkuk di hadapan para wartawan sambil mengucapkan permintaan maaf dari perusahaan terkait masalah mobil terbakar tersebut. Pihaknya pun berjanji akan aktif bekerja sama dengan pemerintah dan bertanggung jawab sampai tuntas.

 

Sumber