Pakai Ban Mobil Dengan Merk Berbeda, Aman Nggak Sih?
08 Nov 2018 | Berita 4/5

Pakai Ban Mobil Dengan Merk Berbeda, Aman Nggak Sih?

Pakai Ban Mobil Dengan Merk Berbeda, Aman Nggak Sih?

Pada umumnya, tiap pabrikan mobil biasanya telah menunjuk merek ban tertentu sebagai ban original untuk produk mobilnya. Ban ini juga biasanya menjadi rujukan sewaktu ban mobil sudah saatnya untuk diganti. Nah, lalu bagaimana bila saat mengganti ban mobil, pemilik mobil memutuskan untuk memakai ban mobil yang berbeda merek dengan ban originalnya?

Menanggapi hal tersebut, Rudy Novianto selaku Defensive Driving Trainer Sentul Driving Center menyatakan bahwa yang perlu dipahami dari merek sebuah ban mobil yang berbeda yaitu pada janji dari setiap brand-brand ban mobil. Hal ini juga tentu berkaitan dengan masing-masing merek ban mobil yang juga memiliki kelebihan dan kekurangn berbeda.

Baca juga :   Mau Hemat Bensin 100 Kali Lipat? Begini Transmisi yang Tepat Saat Menggunakan Mobil Matic

 

Pakai Ban Mobil Dengan Merk Berbeda, Aman Nggak Sih?
blogspot.com

 

“Kalau dari sisi saya, bagaimana ukurannya? Ukurannya sama atau tidak. Kalau tidak sama, maka seperti modifikasi yang depannya di buat kecil dibanding belakang, maka akan nungging,” ujar Rudy saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Kalau untuk keperluan modifikasi mobil, Rudy menyatakan bahwa hal itu harus diperhatikan agar tetap dalam batasan wajar. Perbedaan merek pada ban mobil di bagian depan dan belakang juga sebenarnya tidak masalah asalkan ukurannya tetap sama, sebab bila ukuran dimensinya berbeda, maka mobil tersebut akan beresiko saat dikendarai karena kemungkinan tingkat kecelakaan yang akan dialami akan jadi meningkat.

Baca juga :   Jangan Asal Pasang Vleg dan Ban, Dampaknya Bisa Bahayakan Kamu!

 

Pakai Ban Mobil Dengan Merk Berbeda, Aman Nggak Sih?
velgmobil.id

 

Karena itu, meski hanya sekedar modifikasi, ada baiknya ukuran ban depan dan belakang, serta ban kanan dan kiri harus dibuat sama. Adapun jika ban cadangan yang disediakan pabrikan memiliki tapak ban lebih kecil, hal itu dirancang bukan untuk harian namun hanya untuk sampai menemukan bengkel ban terdekat.

Semoga membantu!