Tips

Jangan Panik! Begini Caranya Nyetir Di Jalanan yang Rusak Parah

13 Mar 2018

4/5

Jalanan berlubang kerap menjadi momok bagi pengemudi kendaraan apapun saat musim hujan tiba. Lubang yang bahkan terkadang tertutupi oleh genangan air di atasnya jelas sering membahayakan beberapa pengendara, terutama yang kurang berhati-hati. Saat melewati kondisi jalan yang seperti itu, banyak pengendara yang justru menghindari untuk melewatinya.

Padahal hal tersebut malah dapat lebih membahayakan bagi pengendara yang lainnya. Nah sekarang, nggak perlu panik lagi. Berikut ini ada cara-cara nyetir yang bisa kamu ikuti agar kamu dan kendaraanmu aman saat melewati kondisi jalanan yang rusak parah. Berikut ulasannya.

 

JAGA KONSENTRASI SELAMA MENGEMUDI

 

https://ak9.picdn.net

 

Pada saat mengemudi hal yang paling penting adalah untuk tetap waspada dan konsentrasi. Kedua aspek tersebut merupakan faktor utama penunjang keselamatan selama mengemudi yang paling penting. Dengan berkonsentrasi terhadap jalan yang akan dilewati, pengemudi akan lebih cepat mengantisipasi terhadap kondisi jalanan yang rusak parah.

 

JAGA JARAK DENGAN KENDARAAN LAIN

 

http://www.speedmotiv.com

 

Menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain juga merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan pada saat melintasi jalanan dengan kondisi rusak. Hal ini karena menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan lain akan memberikan rasa aman pada saat mengemudi. Sebab apabila jarak kendaraan terlalu dekat, dikhawatirkan akan terjadi benturan antar kendaraan ketika kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak dan pengemudi tidak siap untuk merespon kondisi tersebut.

Baca juga :   Ban Jaman Now Ini Tidak Memiliki Udara dan Diklaim Sebagai Ban Anti Bocor di Masa Depan

 

KURANGI KECEPATAN KENDARAAN / BERJALAN PELAN-PELAN

 

http://tsminteractive.com

 

Melewati jalanan dengan kondisi yang rusak parah tentu sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi keselamatan pengendara. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang tidak rata yang dapat membuat aktivitas mengemudi menjadi terganggu. Untuk itu, ketika mengetahui jalan di depan rusak seperti berlubang.

Ada baiknya untuk pengemudi mengurangi kecepatan kendaraan dan melaju secara pelan-pelan sebelum sampai di titik jalan yang berlubang. Selain itu, sebaiknya tidak menginjak rem terlalu kuat pada saat ban memasuki lubang. Hal ini karena ketika menginjak rem terlalu kuat, ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.

 

MEMAKAI PATOKAN KENDARAAN DI DEPAN (PERHATIKAN KEDALAMAN LUBANG)

 

http://analisadaily.com

 

Jika ada lubang yang jaraknya masih agak jauh di depan kita, maka kita bisa memperkirakan dalamnya lubang tersebut saat kendaraan di depan kita melindasnya terlebih dulu. Lalu kemudian, kita bisa memperkirakan apakah aman untuk kita ataukah tidak melewati lubang tersebut. Cara ini dapat menjadi ukuran bagi pengemudi agar bisa memperkirakan dampak yang akan diterima kendaraan bila melewati lubang tersebut.

 

TETAP LEWATI LUBANG / JANGAN BANTING STIR

 

http://indonesiautosblog.com

 

Apabila tidak cukup untuk mengerem maka hal yang harus kita lakukan adalah tetap melindas lubang tersebut. Caranya adalah dengan memegang stir/kemudi kendaraan dengan kuat untuk menghindari goncangan yang berlebihan. Jangan menghindari lubang dengan membanting stir. Karena banyak kejadian banting stir untuk menghindari lubang, padahal di sampingnya ada kendaraan lain. Hal ini jelas memicu terjadinya kecelakaan akibat kita bersenggolan dengan kendaraan tersebut. Intinya jangan pernah banting stir jika kita tidak mengetahui dengan jelas keadaan disamping atau belakang kita.

Baca juga :   Jangan Lupa, Tips Jitu ini Bisa Jadi Pedomanmu Kapan Waktunya Mengganti Ban Mobil Kesayangan

 

CEK KONDISI BAN

 

http://pic.cerpen.co.id/

 

Jika harus melewati lubang, maka pastikan bahwa telapak ban masuk secara merata ke dalam lubang. Hal ini berguna untuk menghindari ban yang masuk lubang terlalu ke pinggir, sehingga dinding ban akan bergesekan dengan pinggiran lubang. Hal ini cukup penting mengingat sebagian  jenis ban tidak mendesain dinding ban sekuat bagian telapaknya. Sehingga ketika ban bergesekkan dengan pinggir lubang, ban akan mudah rusak.

Jika ban sudah terlanjur menghantam pinggiran lubang secara keras, segeralah menepi untuk memeriksa kondisi ban kendaraanmu. Apabila ban mengalami kerusakan seperti kempis, tergores, dan, robek, segera ganti ban dengan ban serep yang kamu bawa. Atau bila terlalu sulit dan memakan waktu yang lama, kamu dapat segera mengunjungi bengkel langgananmu untuk perawatan ban kendaraanmu lebih lanjut.

Itulah tadi cara-cara aman buat kamu yang terpaksa harus mengemudi di jalanan yang rusak parah. Semoga membantu!

 

Sumber
  • ARTIKEL TERKAIT