Berita | Tips

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic

12 Sep 2018

4/5
5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic

Meski menawarkan banyak kemudahan untuk warga perkotaan, namun sepertinya masih banyak pengendara mobil matik yang menyepelekan beberapa hal penting. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

 

 1. Mempertahankan Posisi Transimisi ‘D’ pada saat Berhenti Sejenak

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic
https://www.otomart.id

 

Hal ini paling sering ditemukan pada saat lampu merah. Karena alasan berhenti sebentar, pengemudi enggan untuk memindahkan transmisi ke dalam posisi ‘N’ atau ‘P‘.  Meski mobil matik memang menawarkan kemudahan dan tidak akan ada efek langsung ke mesin atau remnya. Tapi dikhawatirkan pengendaranya lengah dan seketika mobilnya melaju sendiri.

Pengendara sebaiknya memerhatikan durasi waktu berhenti. Apabila lampu merah atau ingin berhenti dengan waktu yang cukup lama, jangan malas untuk memindahkan transmisi ke ‘P’ atau ‘N’ disertai dengan hand brake. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga ‘kesehatan’ kampas rem, sehingga kamu juga tidak perlu kelewat sering mengganti komponen yang satu ini.

 

 2. Menggunakan Kedua Kaki dalam Mengendarai Mobil Matic

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic
https://www.otomart.id

 

Kembali untuk alasan keselamatan, jangan menyamakan cara berkendara mobil matik dengan mobil manual, seperti dengan meletakkan kaki kiri di atas pedal rem. Mengendarai mobil matik cukup dengan menggunakan satu kaki untuk menginjak pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

Baca juga :   Suka Parkir Mobil Di Luar Ruangan? Awas Bikin Bagian-Bagian Mobil Terancam Rusak

Jika kebiasaan mengemudikan mobil manual ini terbawa saat membawa mobil matik, ada bahaya cukup riskan yang dapat terjadi jika pengendara kehilangan kontrol saat mengemudi. So, bagi pengendara yang masih menggunakan kedua kakinya untuk mengendarai mobil matik, perlu diingat ya, ini sungguh sangat berbahaya.

Di sisi lain, hal ini juga bisa membuat kalian menjadi lebih sulit untuk mengendalikan mobil pada saat situasi-situasi tertentu. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengggunakan satu kaki dalam mengendarai mobil bertransmisi otomatis.

 

 3. Menghiraukan Aturan Derek Mobil Matik

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic
https://www.otomart.id

 

Jika kalian ingin menggunakan jasa derek, ketika mobil matik yang kalian tumpangi mogok. Ketahui terlebih dulu bagaimana pihak derek tersebut akan menderek mobilmu. Jika pihak bengkel menggunakan cara towing atau diangkut secara keseluruhan, ini tidak akan menciptakan masalah terhadap kendaraanmu.

Namun akan berbeda cerita jika pihak bengkel akan menderek mobilmu dengan mengangkat bagian depannya saja. Jika orang bengkel menderek mobil hanya di bagian depan saja maka kamu harus memperhatikan sistem penggerak mobil.

Apabila mobil matik tersebut menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) itu tak akan menjadi masalah, akan menjadi suatu perkara jika mobilnya adalah mobil matik dengan penggerak roda belakang (RWD), yang diderek dengan cara seperti itu.

Baca juga :   Beginilah Cara Menderek Mobil Matic yang Tepat

Kalaupun tidak ada cara lain dan tetap menggunakan cara tersebut, maka sebaiknya mobil penderek tidak melaju dengan kecepatan lebih dari 30 km/jam, dengan waktu tidak lebih dari satu jam.

 

 4. Memposisikan Transmisi ‘D’ saat Turunan

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic
https://www.otomart.id

 

Jangan hanya karena mobil matik bisa melaju dalam kondisi trasmisi di posisi ‘D’, bukan berarti kalian bisa menggunakan transmisi yang sama untuk kondisi jalan downhill atau turunan.

Jika kalian terus menggunakan transmisi ‘D’ saat turunan curam, dikhawatirkan mobil yang kalian kendarai akan melaju dengan cepat, dan menjadi lebih sulit untuk dikendalikan. Tak hanya itu, Agus menjelaskan jika hal ini juga dapat mengurangi panas pada minyak rem kendaraanmu.

 

 5. Tidak Memperhatikan Posisi Transmisi

5 Hal Penting Ini Sering Diabaikan Pemilik Mobil Matic
https://www.otomart.id

 

Seringkali ditemukan jika pengendara mobil matik tidak memerhatikan posisi transmisi baik selagi berhenti ataupun di saat melaju. Untuk alasan keselamatan, hal ini penting namun seringkali tidak diperhatikan. Banyak contoh kasus yang disebabkan pengendara tak memerhatikan posisi transmisi.

Seperti, mengira transmisi dalam kondisi ‘D’, ternyata sebenarnya transmisi masih berada di posisi ‘R’. Kalau-kalau pengendara menginjak gas dengan kuat, maka keadaan yang tak di inginkan bisa saja menghampirimu.

 

Sumber
  • ARTIKEL TERKAIT