07 Aug 2018 | Berita 4/5

Bahaya, Jangan Biasakan Charger HP Di Mobil Kalau Tak Mau HPmu Rusak

Saat ini, smartphone bukanlah lagi sebuah barang mewah, melainkan salah satu kebutuhan pokok yang hampir setiap orang memilikinya. Tak jarang, bahkan seseorang bisa memiliki smartphone lebih dari satu buah.

Di samping tingginya tingkat pemakaian smartphone dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan untuk mencharger gadget ini pun semakin meningkat. Berbagai kemudahan pun juga semakin banyak ditemui bila ingin mengisi ulang daya smartphone, seperti dengan menggunakan power bank, maupun mencharger smartphone saat sedang berkendara dengan mobil.

 

keepo.me

 

Namun sebenarnya, ada bahaya tersendiri bila kamu terbiasa atau malah terlalu sering mencharger smartphone saat di dalam mobil. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga :   Mau Miliki Mobil Sport Murah Ini? Tenang, Cuma 500 Juta-an Ke Bawah, Kok

Seorang YouTuber bernama Chris Prillo mengungkapkan bahwa ia mendapatkan email dari Presiden Interact Solution, sebuah industri yang mengembangkan solusi dengan informasi terbaik, dan mengatakan jika kebiasaan mencharger smartphone di mobil merupakan hal yang buruk.

 

keepo.me

 

Hal buruk minilam yang bisa kalian dapatkan adalah berkurangnya usia dari baterai smartphone. Tak hanya itu, dampak paling parahnya juga kebiasaan tersebut dapat mengurangi usia smartphone hingga setengah tahun.

Penyebabnya adalah karena listrik yang dihasilkan dari aki mobil jauh berbeda dengan listrik yang biasa kita dapatkan di rumah. Tentu aja, mulai dari tegangan hingga arus yang dihasilkan juga jauh berbeda.

Baca juga :   Lakukan Cara Ini Yuk, Agar Aki Kendaraanmu Tetap Awet Meski Jarang Dipakai

 

autonetmagz.com

 

Hal inilah yang membuat usia smartphone terus berkurang karena secara langsung tegangan listrik yang tak konsisten tersebut merusak baterai. Selain itu, pengguaan charger yang bukan orisinil juga dapat meningkatkan resiko kerusakan baterai yang lebih parah.

Jadi, buat kalian yang masih sering mencharger smartphone di mobil, sebaiknya mulai sekarang harus mengurangi kebiasaan ini. Meskipun belum bisa dijabarkan dengan lebih detail penyebab kerusakannya, namun seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”.  Semoga bermanfaat!

 

Sumber