03 Aug 2018 | Berita 4/5

Awas, Jangan Lagi Coba-Coba Main Kiki Challenge Pakai Mobil Kalau Tak Mau Kena Denda 7,8 Juta Rupiah

Belum lama ini, Uni Emirat Arab telah mengeluarkan aturan baru bagi warga negaranya, yakni sebuah larangan untuk melakukan  tantangan #InMyFeeling atau yang baru-baru ini juga viral di Indonesia dengan nama Kiki Challenge.

Tantangan tarian #InMyFeeling atau Kiki Challenge yang sedang viral ini memang sedang banyak ditirukan oleh orang di seluruh penjuru dunia, yang kemudian membuat mereka saling berlomba untuk mengunggahnya di media sosial.

 

http://bles.com

Aksi dari tantangan ini mengharuskan orang untuk keluar dari dalam mobil yang sedang melaju pelan, membuka pintu, dan menari di samping mobil yang masih bergerak lambat tersebut, sembari direkam saat melakukan itu semua.

Tantangan ini pun oleh otoritas UEA dianggap membahayakan dan dapat memicu kecelakaan. Sehingga kemudian dibuatlah larangan untuk melakukan aksi ini di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga :   5 Mobil Murah Ini Punya Fitur Keamanan Terbaik, Siap Membelinya?

 

https://www.alaraby.co.uk

 

Bahkan, warga UEA yang kedapatan melanggar larangan ini akan dijatuhi hukuman yang tak tanggung-tanggung, yakni mulai dari denda sebesar 2.000 dirham UEA atau setara dengan 7,8 juta rupiah. Tak cukup sampai di situ, orang yang melanggarnya juga mendapat 23 poin hitam pada Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya, hingga ancaman kendaraan untuk disita selama 60 hari.

Undang-undang larangan ini juga memberi kewenangan pada polisi untuk menahan siapa saja yang melanggarnya. Melansir dari media Al Arabiya, warga yang masih nekat menirukan tantangan ini dapat dituntut menggunakan Undang-Undang Federal nomor 12 tahun 1995.

Baca juga :   Siapa Bilang Kalau Mobil Hanya Untuk Berkendara? 7 Fungsi Lain Mobil Ini Pasti Bikin Kamu Geleng-Geleng

 

http://cdn2.tstatic.net

 

Selain itu, ditambah dengan undang-undang Federal Penal Code nomor 3 1987 tentang membahayakan hidup orang lain. Letnan Kolonel Jamal Salem Al Ameri, pakar lalu lintas di Abu Dhabi, mengatakan kepada surat kabar Emarat Al Youm, bahwa pengendara yang masih melakukan tantangan tersebut akan dapat dihukum dengan undang-undang lalu lintas UEA.

Dia pun turut menekankan bahwa setiap individu harus mematuhi peraturan keselamatan dalam berlalu lintas serta tak lupa mengenakan sabuk pengaman dan menghindari keluar dari kendaraan saat masih melaju dengan alasan apa pun.

Kalau aturan seperti ini juga diterapkan di Indonesia, bagaimana menurutmu?

 

Sumber