Berita

99% Pengguna Jalan di Indonesia Tidak Tahu Fungsi Warna Rambu Lalu Lintas ini, Lho

13 Mar 2018

4/5

Sebagai pengguna jalan tentu kamu pasti pernah kepikiran kenapa rambu-rambu lalu lintas warnanya berbeda-beda, ya? Ada yang kuning, ada yang merah, hijau, biru dan juga putih.

Lalu apa saja gunanya? Kenapa tidak warna hitam atau pelangi?

Sebenarnya, memberi warna pada rambu lalu-lintas juga tidak asal saja, agar terlihat indah atau menarik perhatian, tapi memang sudah ada aturannya. Berikut penjelasan arti warna dasar pada rambu lalu lintas.

 

Kuning

 

http://bit.ly/2jygzq7

 

Warna kuning memang warna yang sering sekali dipakai untuk rambu-rambu lalu lintas, warna kuning sendiri berfungsi untuk memberi peringatan pengguna jalan akan adanya bahaya di depan. Misal, di depan ada tanjakan, atau belokan tajam atau bisa juga tanah yang mudah longsor.

Baca juga :   Ternyata Ada Juga Aturan-Aturan Berlalu Lintas Yang Aneh Banget

 

Merah

 

http://bit.ly/2zO3rl6

 

Warna merah sendiri untuk mewakili larangan, misal dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang belok dan sebagainya. Biasanya rambu-rambu ini berakhir jika sudah melewati rambu berikutnya.

 

Biru

 

http://bit.ly/2hEJqsA

 

Rambu lalu lintas dengan dasar warna biru bertujuan untuk memberikan perintah yang harus ditaai oleh pengguna jalan. Rambu-rambu ini biasanya kamu temui di pinggir jalan. Misal, rambu lalu lintas panah, rambu lalu lintas retribusi parkir, dsb.

 

Hijau

 

http://bit.ly/2jv7oH1

 

Berikutnya rambu lalu lintas dengan warna hijau, rambu dengan warna ini tentu tidak asing bagi kalian semua, kan? Karena sering sekali muncul di berbagai kota di Indonesia. Rambu lalu lintas dengan warna hijau sendiri berfungsi untuk memberikan inforasi jalan atau jurusan, batas wilayah. Misalnya, rambu-rambu berwarna hijau yang terpampang di jalan tol, dengan nama daerah tertentu.

Baca juga :   5 Mobil Patroli Polisi Ini Buktikan Kalau Ternyata Mobil-Mobil Tersebut Aslinya Keren Banget

 

Putih

 

http://bit.ly/2zL4sMs

 

Rambu berwarna putih tentu sangat jarang kamu temui, karena rambu ini biasanya diletakkan pada tempat-tempat tertentu. Rambu warna putih sendiri berfungsi untuk memberikan peraturan yang wajib ditaati saat itu juga, misal rambu lalu lintas batas kecepatan maksimum / minimum saat kamu sedang berkendara di jalan tol.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait makna dari perbedaan warna-warna rambu lalu lintas. Semoga menambah pemahamanmu, terlebih lagi dalam hal tertib berkendara, ya.

 

Sumber
  • ARTIKEL TERKAIT