Berita | Tips

5 Life Hack Jitu Ini Wajib Dipahami Pemilik Mobil Matic, Biar Mobil Kesayangan Awet dan Tak Mudah Rusak

06 Aug 2018

4/5

Mobil bertransmisi matik mungkin sudah mulai mendominasi, selain mudah digunakan, mobil seperti ini juga diklaim minim perawatan, apa benar? Dilansir dari lama seva.id, ternyata mobil bertransmisi matik bakal awet jika digunakan sesua dengan peruntukkannya.

Bukan berarti mudah tapi kita menggunakan seenaknya, justru hal inilah yang membuat mobil matik kesayanganmu bermasalah. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang wajib diingat dan diperhatikan agar mobil matik kesayanganmu tetap sehat bugar sepanjang hari. Berikut ulasan selengkapnya.

 

 1. Mengganti oli transmisi tidak tepat waktu

seva.id

 

Ini adalah hal wajib, dan tidak bisa ditawar. Tak hanya matik, manual pun tentu wajib diganti secara berkala. Pastikan kamu mengganti oli mobil maticmu tepat pada waktunya, agar kebugaran mobil tetap terjaga, serta meminimalisir kerusakan pada gearbox mobilmu.

 

 2. Memindahkan transmisi tanpa berhenti

seva.id

 

Baca juga :   Manjur dan Hemat Buat Atasi Rem Mobil yang Suka Bermasalah Saat Musim Hujan

Meski bertrasmisi matik, bukan berarti kita menggunakan seenaknya, yang ada malah membuat masalah pada kesehatan mobil milikmu. Ada baiknya kamu mematuhi aturan sederhana, yakni, jika posisi transmisi antara R dan P sebaiknya dipindah dalam kondisi mobil berhenti. Jangan lupakan hal sederhana ini apabila kamu ingin gearbox mobil kesayanganmu awet.

 

 3. Mengendara pada posisi L (Low) di jalan landai atau menurun

seva.id

 

Selanjutnya adalah ketika kamu melewati jalan menanjak. Alangkah baiknya menggunakan transmisi L, soalnya transmisi ini sama dengan transmisi gigi 1 pada mobil manual. Sedangkan, kalau kamu melewati jalan landai atau menurun, sebaiknya menggunakan transmisi D agar kopling tidak cepat panas dan terbakar.

 

 4. Terlalu sering memindahkan transmisi saat macet

seva.id

 

Nah, apabila kamu terjebak macet yang tidak membuat mobil berhenti, alangkah baiknya jangan terlalu sering memindahkan transmisi, selain agar tidak terkesan kampungan alias orang kaya baru (OKB), hal tersebut juga agar gearbox mobil matic kesayanganmu tetap sehat dan tidak terganggu. Sebaiknya kamu hanya memainkan pedal rem saja saat sedang berkendara di jalanan macet.

Baca juga :   Tingkat Kecelakaan Kelewat Tinggi, Dubai Akhirnya Ciptakan Mobil Ambulance Terpanjang di Dunia

 

 5. Tidak mengangkat ban penggerak saat diderek

seva.id

 

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah jika mobil maticmu mogok, ada baiknya tetap dinyalakan ketika diderek. Kenapa? Karena jika mobil dalam kondisi mati, maka akan merusak komponen transmisi jika terus berjalan karena mobil akan melaju tanpa adanya pelumasan pada mesin, sehingga resiko kerusakan komponen transmisi akan lebih besar.

Nah, dari kelima hal diatas, apakah beberapa hal di atas sering kamu lakukan? Jika iya, sebaiknya hal-hal tersebut segera dihentikan, ya. Agar kondisi mobil maticmu juga tetap sehat dan prima. Semoga bermanfaat!

 

Sumber
  • ARTIKEL TERKAIT