Tips

Jangan Salah Pilih! Begini Caranya Biar Tahu Kalau Kaca Mobilmu Ori

12 Mar 2018

 

Iming-iming harga yang murah terkadang membuat kita terlena saat membeli kaca mobil hingga akhirnya justru berakhir dengan mendapatkan kaca mobil yang bukan ori. Banyaknya kaca mobil palsu yang beredar memang hal yang membuat resah, ya.

Apalagi bila kemiripiannya dengan produk yang ori sangat persis. Namun kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa perbedaan yang bisa kita amati dengan teliti sebelum beli kaca mobilagar mendapatkan produk yang ori. Berikut cara-caranya.

 

http://4.bp.blogspot.com

 

  1. Cetakan atau Logo Kaca Film

Print pada kaca film bukan jaminan keaslian. Kamu sebaiknya menghindari untuk membeli kaca film dengan cetakan logo tak rapi, mulai dari tinta meluber atau yang terlalu tebal. Kaca film yang digulung dengan logo atau tinta terlalu tebal bisa membuat kaca film bergelombang. Akibatnya, pada malam hari, sinar lampu yang diterimanya menjadi terpecah. Jadi, pastikan kamu mendapat kaca film dengan cetakan setipis dan serapi mungkin, ya.

  1. Warna

Kualitas kaca film palsu dengan kualitas jelek lama-kelamaan bisa berubah warnanya dari waktu ke waktu. Perubahan warna biasanya terjadi setelah jangka waktu tertentu. Di daerah tropis biasanya perubahan warna tersebut dapat terlihat dalam 2-3 bulan.

  1. Ketebalan

Kaca film penahan panas idealnya memiliki ketebalan antara 1,5 – 1,7 mikro. Apabila ketebalannya kurang dari itu, hal itu boleh diragukan keasliannya. Kaca film memang tipis, tapi apabila produk asli, meski kaca tersebut tipis tapi tetap kaku. Sementara itu, produk palsu atau kaca film mobil yang tidak bagus sangat tipis dan lentur.

  1. Harga

Harga kaca film selalu berbanding lurus dengan kualitas. Jadi, jangan tergoda tawaran dengan harga murah yang kemungkinan besar produk palsu, ya. Kaca film asli diimpor ke Indonesia hanya lewat distributor resmi dengan standard harga yang pasti. Tiap kaca film punya kode wilayah sendiri, adapun yang beredar di luar batasan kode itu tidak bisa mendapat layanan garansi.

  1. Gunakan Lampu Sorot

Mungkin cara ini sedikit rumit, tapi cara ini cukup ampuh untuk membuktikan kualitas dari kaca film mobil yang akan kamu beli. Kamu bisa menempelkan kaca yang sudah dilapisi film ke lampu sorot 600 watt, dan diamkan sejenak selama 3 menit. Jika kualitas buruk, kaca tersebut akan pecah.

  1. Gunakan Alat Termometer

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu membiarkan mobil yang telah dipasangi kaca film dijemur di bawah sinar matahari dalam beberapa saat. Kemudian, pasang termometer di kaca tersebut. Jika tingkat suhunya cukup tinggi, kualitas kaca film itu layak dipertanyakan.

  1. Kartu Garansi

Pastikan kamu mendapatkan kartu garansi untuk tiap pembelian kaca film mobil, ya. Kartu inilah yang akan menjamin keaslian dan layanan purna jual kaca film milikmu. Untuk lebih amannya, kamu sebaiknya membeli dan memasang kaca film di dealer resmi saja.

Itulah tadi trik-trik yang bisa kamu gunakan agar mendapatkan kaca mobil yang ori. Semoga membantu!

 

Sumber

ARTIKEL TERKAIT